FILSAFAT PENDIDIKAN 1



Filsafat Pendididkan

Pada mata kuliah Filsafat Pendidikan yang saya ikuti pada hari selasa 25 September 2018 bersama Pak Aniq di mata kuliah Filsafat Pendidikan,saya tertarik dengan pembahasan mengenai:
Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio. Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.

Ciri-ciri berfikir filosfi :
Berfikir dengan menggunakan disiplin berpikir yang tinggi.
Berfikir secara sistematis.
Menyusun suatu skema konsepsi, dan
Menyeluruh.
Tiga persoalan yang ingin dipecahkan oleh filsafat ialah :

Manfaat filsafat dalam kehidupan adalah :
Sebagai dasar dalam bertindak.
Sebagai dasar dalam mengambil keputusan.
Untuk mengurangi salah paham dan konflik.
Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah.

Hubungan filsafat dengan agama diantaranya : setiap orang diharapkan merenung dalamhikmah untuk menjadi prosesn pendidikan dan usaha-usaha pendidkan suatu bangsa guna mempersiapkan generasi muda dan warga negara agar beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan menjadi warga negara sadar dan insaf tentang hidup serta mempunyai tauladan yang dapat dijadikan perinsip dan keyakinan.


Akal adalah suatu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan yang salah dan yang benar serta menganalisis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal, dari manusia pemiliknya. Jadi, akal bisa didefinisikan sebagai salah satu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah hhsesuai benar atau salah.

Dalam proses berpikir kita merangkai-rangkaikan sebab akibat, menganalisinya dari hal-hal yang khusus atau atau kita menganalisisnya dari hal-hal yang khusus ke yang umum. Berpikir berarti merangkai konsep-konsep. Pikiran adalah proses pengolahan stimulus yang berlangsung dalam domain representasi utama. Proses tersebut dapat dikategorikan sebagai proses perhitungan (computational process).

Kode Etik Guru
1.      Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
2.      Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
3.      Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
4.      Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
5.      Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
6.      Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
7.      Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan keseluruhan.
8.      Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya.
9.      Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

VAKSINASI
Pada mata kuliah Filsafat Pendidikan yang saya ikuti pada hari selasa 25 September 2018 bersama Pak Aniq di mata kuliah Filsafat Pendidikan.Pertemuan ini langsung menarik perhatian saya dikala beliau sedikit membahas tentang ketidaksukaan beliau terhadap Vaksinasi yang diberikan ke anak,tetapi beliau lebih memilih ASI yang jauh lebih baik daripada Vaksinasi. Di masyarakat ada juga yang tetap memberikan vaksinasi terhadap anak mereka, dimana  mereka memang membutuhkan dan perlu vaksinasi untuk anak mereka. Untuk  kelompok antivaksin seringkali mengabaikan aspek pencegahan terhadap penyakit dan hanya mengutamakan aspek pengobatan penyakit (kuratif) saja. Mereka menganggap bahwa tuntunan Islam dalam masalah kesehatan hanyalah perintah untuk berobat setelah jatuh sakit. Pendapat tersebut tidak benar karena Islam amat menekankan aspek pencegahan terhadap berbagai hal yang menimbulkan potensi kerusakan di masyarakat, baik itu kerusakan fisik maupun non-fisik. Misalnya larangan mendekati zina (Al Qur'an surat Al Isra 17:32). Pendapat para ulama mengenai vaksinasi
Perlu diketahui bahwa vaksinasi bukan hanya dilaksanakan di Indonesia namun juga dilaksanakan di lebih dari 190 negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara muslim. Sampai saat ini tidak pernah terdengar seorang pun dari ulama-ulama di negara-negara muslim itu yang melarang diberikannya vaksinasi kepada bayi dan anak di negaranya. Sebagai contoh Syaikh Abdullah Bin Bazz seorang mufti dari Saudi Arabia membolehkan vaksinasi. DR Yusuf Al Qaradhawy ulama alumni Al Azhar dan kini tingal di Qatar pun membolehkan imunisasi. Bahkan beliau banyak menyerahkan masalah ini kepada para dokter yang menguasai ilmu vaksinologi secara mendalam dan kemudian beliau berikan fatwa terhadap apa yang diungkapkan para dokter. Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia pun merekomendasikan pemberian imunisasi. Kalau para ulama di tingkat internasional saja membolehkan vaksinasi lalu mengapa ada orang yang bukan ulama malah mempermasalahkan bolehnya vaksinasi dalam IslamAdapun pendapat sebagian kelompok Islam yang mengatakan vaksinasi dilarang dalam Islam karena menggunakan kuman yang disuntikkan ke dalam tubuh sehingga berpotensi membahayakan tubuhadalah pendapat yang tidak berlandaskan ilmu dan hanya berdasarkan zhan atau prasangka belaka. Mereka berpendapat begitu tanpa bekal ilmu pengetahuan yang memadai mengenai vaksin dan vaksinasi. Padahal Islam melarang umatnya untuk berprasangka, karena sebagian prasangka adalah dosa. Saat ini ada sebagian orang yang bukan ahlinya namun seringkali berkomentar mengenai sesuatu yang tidak difahaminya secara mendalam.

Masalah enzim babi dalam proses pembuatan vaksin

Salah satu persoalan yang sering dipermasalahkan mengenai kehalalan vaksin adalah digunakannya enzim tripsin dari babi selama pembuatan beberapa jenis vaksin tertentu. Perlu diketahui bahwa vaksin yang menggunakan enzim babi sebagai katalisator hanya sebagian kecil saja dari semua jenis vaksin yang ada. Seringkali masalahnya ada pada perbedaan persepsi. Sebagian besar orang mengira bahwa proses pembuatan vaksin itu seperti orang membuat puyer. Bahan-bahan yang ada semua dicampur jadi satu, termasuk yang mengandung babi, dan kemudian digerus menjadi vaksin. Hal semacam ini adalah persepsi keliru mengenai proses pembuatan vaksin di era modern ini. Bila prosesnya demikian sudah tentu hukum vaksin menjadi haram.
 Dengan demikian isu bahwa vaksin mengandung babi menjadi sangat tidak relevan dan isu semacam itu timbul karena persepsi yang keliru pada tahapan proses pembuatan vaksin. Majelis Ulama Indonesia sudah mengeluarkan fatwa terhadap vaksin meningitis dan polio oral serta injeksi yang pada proses pembuatannya menggunakan katalisator dari enzim tripsin babi bahwa vaksin-vaksin tersebut boleh digunakan jika belum ada alternatif lain sebagai penggantinya. Sedangkan Majelis Ulama di Eropa, Negara-negara Timur Tengah, dan Amerika bahkan mengeluarkan sertifikat halal untuk beberapa vaksin yang menggunakan enzim babi sebagai katalisator namun pada produk akhir tak dijumpai lagi adanya tripsin babi ini.
Menurut saya untuk masalah Vaksinasi yang ada dalam masyarakat Indonesia masih ada yang Pro dan Kontra atau dua sisi yang berbeda  kita harus bisa memahami terlebih dahulu persepsi dari Vaksinasi itu sendiri yang bisa dikatakan Halal oleh MUI dan bisa digunakan, namun ada juga yang beranggapan Haram dan tidak boleh digunakan, kembali lagi ke pendapat dan kepercayaan orang masing-masing dan sesuai kebutuhan serta kepentingannya. Diharapkan dengan kampanye positif tentang imunisasi termasuk yang terkait dengan masalah ideologis keagamaan maka mereka yang masih ragu bisa diyakinkan bahwa vaksinasi itu halal dan aman dan tidak ada seorang pun ulama di negara-negara muslim melarang program vaksinasi ini.

https://gurumuda18.blogspot.com/2018/09/luar-biasanya-ganja-sisi-depan-belakang.html?m=1
https://pahleviardian532.blogspot.com/2018/09/belajar-hidup-dari-realitas-kehidupan.html?m=1
https://apinz97.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html?m=1
https://melindapangestika.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html
https://yulianapuspitasari95.blogspot.com/2018/09/pemahaman-imunisasi-atau-vaksin-dari.html?m=1
http://faridawidyastutik.blogspot.com/2018/09/definisi-kata-kekerasan-kata-kekerasan.html?m=1
http://doelgemok.blogspot.com
https://elisae552.blogspot.com
http://belajardengandhan.blogspot.com/2018/09/chapter-1-belajar-hidup-hidup.html
http://indonesiamasakinii.blogspot.com/2018/09/salah-satuhal-yang-bisa-saya-dapat-dari.html?m=1
http://intannurmapertiwi.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html
https://ulfahfitriasetiyani.blogspot.com/?m=1
http://ririspipit.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html
https://putricandra30.blogspot.com/2018/09/asi-lebih-baik-dari-pada-vaksin.html?m=1
http://julianindahp30.blogspot.com/?m=1
http://istikholah2112.blogspot.com/?m=1
http://fidamore.blogspot.com/2018/09/perempuan-istimewa.html
http://riistha.blogspot.com/2018/09/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar.html
http://dwinuvita.blogspot.com/2018/09/asi-ekslusif-lebih-baik-dari-pada-vaksin.html
https://15120480dhitafajarsetyarini.blogspot.com/b/post-preview?token=APq4FmB_-sv9O1zO9qDn_FpoQmkdi_0re1DNJCBNGUVwewOtPZeceIEc1oUUPT3Db_iAGJTItlXGAyU4ho1Gz9Fmm5bVKUKTbMQ9Aw5UyYxLm5fD7X3NCfIzEeRlhmBJGVlm0vFKPMWa&postId=6775332954169038523&type=POST&m=1
http://rischadwiarianti.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html?m=1
http://anugrahilmuku.blogspot.com/2018/09/pengertian-perubahan-sosial-perubahan.html?m=1
http://masamah08.blogspot.com/2018/09/keistimewaan-wanita.html
http://esttitihapsari.blogspot.com/2018/09/pola-pikir-yang-sal.html?m=1

http://anggitanurohmahnoviyanti.blogspot.com/2018/09/kode-etikguru-1.html
http://nurularrifah.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan-1.html
https://haniffaizahblog.blogspot.com/2018/09/berpikir-ngeres-seberapa-sering-anda.html?m=1
http://nurulkhoimah.blogspot.com/2018/09/pemikiran-filsafat-pendidikan.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT PENDIDIKAN 2

filsafat pendidikan 3